Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Paket Tour Maroko Spanyol Portugal Paket Tour Turki Paket Tour Turki Sanliurfa Paket Tour Balkan dan Eropa Timur Paket Tour Russia Kazan Chechnya Uzbekistan Paket Tour Discover Morocco Paket Tour Eropa Barat Paket Tour Eropa Timur Paket Tour Scandinavia Paket Tour UK Scotlandia Paket Tour Mesir Aqso Jordan Paket Tour Australia dan New Zealand Paket Tour USA Canada Paket Tour Switzerland Paket Tour Jepang Paket Tour Korea Paket Tour Thailand Paket Tour Singapore dan Malaysia Paket Tour Vietnam Paket Tour China Paket Tour Yunani Paket Tour Iceland

8 Masjid Megah yang Menjadi Tempat Wisata di Rusia


Saat Anda punya waktu untuk berlibur ke Rusia, tentu ada tempat yang ingin dikunjungi. Ternyata di Rusia juga terdapat bangunan masjid yang megah sehingga dapat dijadikan destinasi wisata ramah muslim. Berikut 8 masjid megah yang merupakan tempat wisata di Rusia.

tempat wisata di rusia

 

1. Masjid Prophet Mohammed

Pada 23 Agustus 2019, pemerintah Rusia di wilayah Chechnya meresmikan sebuah bangunan masjid. Masjid yang dikenal sebagai bangunan masjid terbesar di Eropa itu adalah Masjid Prophet Mohammed. Lokasinya tepat di kota Shali, Chechnya, Rusia. Saat acara peresmian berlangsung, ada tamu yang turut hadir dari kalangan pejabat tinggi perwakilan negara asing serta masyarakat sekitar.

Bangunan masjid cukup megah dengan lantai marmer pada bagian dalam yang luasnya mampu menampung lebih dari 30 ribu jamaah. Sementara pada bagian halaman masjidnya ditumbuhi oleh berbagai bunga dan sejumlah air mancur. Jika digabungkan bagian dalam dan luar masjid maka bisa dipastikan mampu menampung sekitar 70 ribu jamaah.

Agar tidak penasaran dengan kemegahan masjid terbesar di Eropa tersebut, Anda bisa melihat langsung ketika berlibur ke Rusia nanti. Masjid dengan desain unik dan ukuran luas ini akan membuat Anda terpesona karena kemegahannya. Anda sekalian bisa melaksanakan shalat sunnah ketika menginjakkan ke bagian dalam masjid.

2. Masjid Biru Saint Petersburg

Destinasi wisata Rusia yang ramah bagi muslim selanjutnya ada Masjid Biru Saint Petersburg. Alasan masjid ini disebut biru karena didominasi warna biru. Bangunan masjid ini pertama kali didirikan pada tahun 1910 dengan tujuan menghormati Emir Bukhara. Selain itu bangunan masjid juga dijadikan sebagai tanda bergabungnya Asia Tengah dengan Rusia. Peristiwa tersebut terjadi ketika era pemerintahan Tsar Aleksandr III.

Tahukah Anda? Kekaisaran Rusia sangat menghormati kepentingan kelompok muslim yang kala itu berjumlah lebih dari 8000 orang. Proyek pembangunan masjid selesai pada tahun 1913 dan berhasil menjadi tempat ibadah paling besar Rusia. Masjid diperkirakan mampu menampung sekitar 5000 jamaah. Masjid ini memiliki menara yang menjulang setinggi 49 meter sementara kubah setinggi 39 meter.

3. Masjid Jantung Chechnya

Masjid ini memiliki julukan lain, yakni The Heart of Chechnya atau jantung Chechnya. Julukan tersebut diberikan oleh Akhmad Kadyrov yang merupakan presiden pertama Republik Chechnya. Masjid ini termasuk salah satu masjid terbesar yang ada di Eropa dengan kapasitas 10.000 jamaah. Luas komplek masjid mencapai 14 hektar.

Terdapat menara setinggi 63 meter yang berada di sekeliling masjid. Menara tersebut bahkan merupakan yang tertinggi di Rusia. Bagian interior dan eksteriornya sendiri sangat mewah dengan lapisan marmer. Selain itu ada pula kaligrafi indah yang dilukis oleh pengrajin Turki. Kaligrafi tersebut diambil dari ayat suci Al Quran lalu dilukis dengan tinta berlapis emas di sepanjang dinding masjid.

Keindahan lainnya dapat Anda lihat dari lampu gantung yang berasal dari kristal Swarovski. Jadi, tidak heran mengapa masjid ini juga dijadikan sebagai objek wisata Rusia khususnya bagi turis muslim dari seluruh dunia.

4. Masjid Kul Sharif

Masjid Kul Sharif memiliki desain yang sangat menarik dari bagian kubahnya. Berdasarkan informasi yang diperoleh dari otoritas masjid tersebut, kubahnya berbentuk Kazan Cap. Untuk diketahui bahwa Kazan Cap itu merupakan mahkota yang dikenakan oleh para Khan Kazan. Ada pula versi lainnya yang mengatakan bahwa mahkota tersebut khusus dibuat untuk Tsar Rusia.

Terlepas dari sejarah awalnya desain kubah unik, masjid ini memang sangat megah. Bahkan berdasarkan Huffington Post, The Wondrous dan lainnya mengatakan bahwa bangunan masjid termasuk yang paling spektakuler di dunia. Interiornya disertai menara setinggi 52 meter dengan kapasitas 1500 jamaah. Selain itu untuk alun-alunnya dapat menampung sebanyak 10.000 jamaah.

Biaya pembangunan masjid tempat wisata di Rusia ini diperkirakan mencapai 400 juta rubel yang berasal dari sumbangan. Bagian aula utama masjid tersedia buku-buku yang bertuliskan nama 40.000 orang dan organisasi yang turut menyumbang.

5. Masjid Juma Derbent

Jika ingin mengunjungi masjid tertua di Rusia, maka Masjid Juma Derbent adalah tujuan Anda. Tidak hanya di Rusia, tapi masjid ini juga termasuk masjid tertua di CIS atau Persemakmuran Negara-negara Merdeka. Derbent juga termasuk salah satu dari banyak kota tertua di dunia yang didirikan pada tahun 438 Masehi.

Masjid Juma dibangun pada tahun 773 Masehi sehingga tidak heran mengapa masuk dalam kategori masjid tertua. Nama masjid diberikan karena fungsi utamanya adalah menampung jamaah shalat Jumat yang merupakan warga kota Derbent itu sendiri. Meskipun pernah roboh akibat gempa pada akhir abad ke-14, masjid ini tetap dibuka untuk umum setelah mengalami restorasi besar-besaran.

Sayangnya, pada tahun 1930-an, masjid ini sempat dibatasi untuk umum karena beralih fungsi menjadi penjara kota selama berlangsungnya kampanye ateis kala itu. Kemudian masjid ini kembali dibuka pada pertengahan abad ke-20. Anda bisa mengunjungi masjid yang telah masuk dalam daftar warisan dunia versi UNESCO ketika berlibur ke Rusia.

6. Masjid Noorda Kamal

Masjid Noorda Kamal mungkin dapat Anda kunjungi saat liburan ke Rusia. Pasalnya bangunan masjid ini termasuk paling indah di Kota Norilsk, Arktik. Bahkan masjid ini telah masuk dalam daftar masjid yang letaknya paling utara di dunia dalam Guinness Book of Records. Desain unik dari masjid ini dapat dilihat dari bentuknya yang berupa sisi persegi.

Hal itu karena masjid tersebut harus menyesuaikan dengan kondisi cuaca dan iklim ekstrim wilayahnya. Anda bisa lihat dari bentuk menaranya yang persegi. Faktanya bangunan seperti itu tidak akan membuat batu baka beku dan lebih tahan lama bahkan jika terkena hembusan angin. Masjid yang dibangun oleh pengusaha Mithaa Bikmeyeva ini diberi nama berdasarkan nama ayahnya. Mithaa sendiri berasal dari etnis Tatar yang lahir di Norilsk.

7. Masjid Lala Tulpan

Masjid ini dijadikan sebagai pusat kegiatan para muslim Republik Bashkortostan. Bangunannya berhasil dibangun berkat dari sumbangan pemerintah dan muslim sekitarnya. Hal menarik dapat dilihat dari desainnya yang berbentuk bunga tulip mekar. Sementara untuk puncak kedua menaranya menyerupai tunas bunga tulip.

Desain mirip tulip tersebut disengaja mengingat bunga tulip merupakan simbol dari bangsa Turk dari zaman kuno. Berdasarkan legenda Bashkir pun kebahagiaan dikatakan terletak di dalam kuncup bunga tulip yang belum mekar. Masjid ini mampu menampung hingga 1000 jamaah. Menara masjidnya dibangun setinggi 53 meter sehingga masuk dalam kelompok masjid tertinggi ketiga di Rusia bersama Masjid Jantung Chechnya dan Kul Sharif.

8. Masjid Mukhtarov

Masjid Mukhtarov terletak di tepi kiri Sungai Terek yang merupakan simbol dari Vladikavkaz. Pembangunan masjid ini dimulai dari tahun 1905 dan selesai dalam kurun waktu 3 tahun kemudian. Seorang jutawan minyak dari Baku memutuskan untuk membiayai seluruh pembangunan masjid karena istrinya berasal dari kota tersebut. Beliau adalah Murtaza Agha Mukhtarov yang akhirnya ditetapkan sebagai nama masjid tersebut. Desain masjid dibuat dengan gaya Mesir sehingga tampak menyerupai Universitas Al Azhar. Pembangunannya menggunakan batu kapur putih yang diambil dari pinggiran Kota Baku.

Itulah 8 masjid yang menjadi tempat wisata di Rusia khususnya muslim dari seluruh penjuru dunia.
Informasi dan Pendaftaran
Hubungi Sdr. Rifki di Whatsapp atau Telp.
0811114280
Cara booking paket wisata Best Halal Tour
Tentukan Jadwal dan paket tour yang diinginkan.
Hubungi kami.
Menyerahkan data passport melalui WA
Melakukan transfer booking paket sebesar Rp. 5 jt - 15 jt per orang.

Jika anda menemukan harga Rp 0 artinya harga akan mengikuti dengan nilai tukar USD / EUR yang berlaku.

Peraturan Sehubungan Dengan COVID-19
Peserta agar selalu mematuhi protokol kesehatan.
Peserta wajib tes PCR sebelum keberangkatan dan setelah kepulangan.
Peserta sudah melaksanakan vaksinasi covid-19 kedua dengan merk vaksin yang diakui oleh negara tujuan wisata.
Saat tiba di Jakarta wajib mengikuti karantina (jika masih berlaku).
Catatan. Biaya yang berhubungan dengan Prokes Covid-19 adalah tanggungan peserta.